-->

Cara mengatasi sql server yang tidak tersambung dengan benar

SQL Server - Jika anda sering menggunakan SQL server ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. SQL Server yang tidak tersambung dengan baik akan memberikan pesan error sebagai berikut :
A network-related or instance-specific error occurred while establishing a connection to SQL Server. The server was not found or was not accessible. Verify that the instance name is correct and that SQL Server is configured to allow remote connections. (provider: Named Pipes Provider, error: 40 - Could not open a connection to SQL Server) (Microsoft SQL Server, Error: 2)
Cara mengatasi sql server yang tidak tersambung dengan benar Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa setingan SQL Server berjalan dengan benar. Dengan cara melihat setting berikut :
  1. Cek koneksi tersambung dengan benar dari client ke server Lakukan ping ke komputer server, pastikan ada reply dari server
  2. Matikan Firewall baik di komputer client ataupun server
    Pastikan firewall di komputer baik client maupun server telah dimatikan. Yaitu masuk ke windows search bar kemudian ketik "Windows Firewall". Kemudian matikan seperti gambar berikut :
  3. Cek SQL Browser telah berjalan dengan baik. Masuk ke SQL Server Configuration manager kemudian cek di SQL Server Browser berjalan dengan baik. Dan pastikan juga instance sql server kita berjalan dengan baik pula misalnya intance SQL MSSQLSERVER berstatus running.
    Jika anda tidak dapat membuka SQL Server Configuration manager anda dapat melihatnya melalui Services kemudian cek untuk SQL Server Browser dan Instance SQL Server berjalan dengan baik
  4. Cek di SQL Configuration manager untuk setting berikut :- Shared Memory : Enabled
    - TCP / IP: Enabled- Named Pipes : Enabled
     
 
Facebook Comments

0 komentar