-->

Cara mengembalikan user SQL Server yang terdisable semuanya

Sql Server - Untuk tutorial kali ini ane akan memberikan cara bagaimana jika user SQL server kita secara tidak sengaja terdisable semuanya dengan query yang kita lakukan. Jika semua user SQL server telah terdisable anda tidak dapat lagi login ke SQL server kembali bahkan untuk masuk dan mencoba untuk enable lagi user yang ada. Solusinya jika masalah ini terjadi yaitu :

Cara mengembalikan user SQL server terdisable semuanya

Cara yang digunakan untuk mengaktifkan kembali user sql server adalah ke mode Single Mode only di SQL server. Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan akun windows yang anda login adalah akun Administrator. Jika kurang yakin gunakan user Administrator default dari windows. Jika masih belum aktif Cara mengaktifkan user administrator pada windows adalah sebagai berikut : Masuk ke Command Prompt > Run as Administrator kemudian ketikkan net user administrator /active:yes. Setelah itu anda sign out kemudian login kembali dengan user administrator tersebut. Secara default user Administrator tidak berpassword.
  2. Setelah itu masuk ke SQL Configuration Manager Pilih instance SQL server yang bermasalah : sql configuration manager 
  3. Stop Server dari instance SQL server yang kita pilih instance sql server
  4. Klik kanan pada instance SQL Server kemudian pilih Propertiesproperties sql server configuration
  5. Masuk ke bagian Advanced. Kemudian ke Startup parameters, kemudian ketik di bagian depan tambahkan -m jadinya seperti ini :
    -m;-dC:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL10_50.DATA\MSSQL\DATA\master.mdf;-eC:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL10_50.DATA\MSSQL\Log\ERRORLOG;-lC:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL10_50.DATA\MSSQL\DATA\mastlog.ldf
    advance sql server
  6. Setelah itu restart kembali SQL server anda. Setelah selesai coba masuk ke SQL management studio kembali login ke SQL Server anda sesuai instance yang anda inginkan. Setelah itu tinggal masuk ke Security > User > Enable kembali login di SQL server. Setelah berhasil anda kembalikan setup SQL server tadi dengan menghilangkan kembali parameter -m untuk keluar dari single mode. Semoga berhasil
Facebook Comments

0 komentar