-->

Kesan Pertama Beralih Ke .NET dengan Bahasa C#

Okeh kali ini ane akan sedikit sharing sedikit mengenai peralihan belajar programming dari yang sebelumnya Open Source Banget menjadi Close Source Banget.. Yang belum tahu apa itu Open Source googling aja pasti ketemu.

So let's check it out satu per satu kesan pertama menggunakan .NET. Hmm.. Cerita dulu ane basicnya adalah programmer dengan bahasa Java yang notabene adalah programming yang bebas dan kebanyakan program yang bersifat Open Source. Dan juga PHP yang lebih bersifat Open Juga.


  1. Bahasa
    Dari segi bahasa mungkin udah kagak asing lagi bagi pengguna bahasa java menemukan code seperti ini dalam bahasa Java.
    Contoh Bahasa Java
    package org.latihan.model;
    
    import java.lang.*;
    
    public class Mahasiswa{
        private String nama;
     
        public void getNama(){
          return this.nama;
        }
        public void setNama(String nama){
          this.nama=nama;
        }
        public void belajar(){
           System.out.println("Belajar");
        }
    }
    
    Nah kalau di C# implementasinya jadi kayak gini:

    using System.Object;
    
    namespace Kampus{
     public class Mahasiswa{
      private string nama;
      
      public string Nama{
       set{
        this.nama=value;
       }
       get{
        return this.nama;
       }
      }
      
      public void Belajar(){
       Console.WriteLn("Belajar");
      }
      
     }
    }
    
    Nah kalau di C# selain ada field, method, ada juga namanya property jadi ada fungsi set dan getnya secara langsung yang gak diusah dipisah fungsi untuk mendapatkan get dan setnya.

    Secara bahasa sih emang gak begitu jauh sama java emang mirip banget cuma perbedaan istilah - istilah saja yang mungkin belum terbiasa. Kayak using = import, sealed=final, extends,implements = : , dll. Di C# juga kenal sama  pengembalian nilai lebih dari satu nilai nanti pakai out keyword. Overall sih mirip tinggal mengikuti saja apa aja yang di C#. Basename untuk method dan property menggunakan huruf besar pertama kali. Konstanta juga untuk di c# tidak menggunakan huruf besar semua.
  2. Database
    Nah untuk database nih, Kalau yang biasanya java pakainya kebanyakan pake MySQL atau PostgreSQL. Nah untuk C# karena pake teknologi Microsoft jadi pakainya untuk setara DBMS pake Microsoft SQL Server.

    Di SQL Server untuk alamat host dari SQL Servernya ada tambahan nama instance biasanya NAMA_KOMPUTER\INSTANCE_NAME contoh MRHANDS-PC\SQLSERVER. Nah beda sama MySQL atau PostgreSQL yang gak ada instance namenya. Dan juga backup dari SQL Server ini bisa pake pure SQL Command yang biasanya disimpan .sql atau pake file .bak yang bisa direstore ke tempat lain. Cuma harus disesuaikan sama versi SQL Servernya beda versi gak bisa diRestore.

    Nah Satu nilai Plus untuk C# dengan SQL Server atau database microsoft lain kayak Access atau Excel integratednya gampang. Dan kalau kita make DBMS Microsoft fungsi2 CRUD bisa langsung digenerated pake Visual Studio tanpa kita harus buat fungsinya satu - satu.

    Nah di Database ini ada satu hal yang menarik mungkin baru bagi pengguna Java yaitu LINQ dan LAMBDA Expression. Menggunakan perintah SQL di dalam bahasa pemrograman contoh : 
    var data=from Customer x in database.Customers
     where x.ID=="K12830" && x.Nama="Handita"
     select x;
    
    
  3. Web Programming
    Nah untuk Programmingnya yang kalau di Java biasanya servernya pake Tomcat atau GlassFish atau di PHP pakenya Apache di .NET pakenya IIS Server. IIS Server ini ada versi  gratisnya yaitu IIS Express nah untuk ngejalanin projectnya biasanya otomatis dari visual studio running IIS bila menjalankan program web ASP.NET.

    Web di Microsoft pake ASP.NET nah disini yang baru ane kenal ada namanya ASP.NET Webform jadi buat website bisa drag and drop control misalnya control dropdown yang biasanya harus pake sintax html bisa langsung drag and drop pake komponen asp dimana kita bisa langsung set di propertinya langsung.

    Jadi terasa banget kalau di ASP Webform ini lebih gampang kerasanya karena kita tinggal banyakin set properti doang. Dan ada code behind juga yang untuk mengeset nilai tinggal pake fungsi di C# seperti textNama.Text="Handita". 

    Ada juga konsep satunya namanya ASP MVC yang kalau di dunia web pemprograman PHP seperti framework-framework PHP kayak CodeIgniter ataupun Yii.

    Cuma satu hal yang mungkin kurang seneng waktu develop ASP.NET ini di laptop ane. Komputer ane terasa berat banget waktu running Visual Studio + IIS Express + SQL Express jalan bareng. Gak seperti waktu running Netbean / Eclipse + Apache + MySQL

    Dan satu lagi di ASP kebanyakan request accessnya secara default langsung ke server jadi membuat client terasa berat. Kalau mau ya harus pake semacam JQuery lagi agar accessnya gak ke server terus.
Mungkin sekedar itu aja untuk pengenalan singkat dari ane. Kalau ada pendapat yang salah mohon maaf ane juga lagi belajar. Mungkin bisa dikasih koreksinya. Semoga bermanfaat.
Facebook Comments

0 komentar