-->

Tool wajib buat WEB developer

WEB developer biasanya menggunakan alat - alat bantuan untuk membuat web mereka. Pada kesempatan kali ini ane ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai tool - tool wajib yang dapat digunakan seorang web developer untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka.

Okeh langsung saja untuk IDE:

  1. Netbean

    IDE yang satu ini memang berguna untuk berbagai macam bahasa pemrograman. Tidak luput juga untuk web developer terutama yang menggunakan PHP tool ini wajib digunakan karena banyak sekali  alat yang dapat dipakai. Mulai dari fitur autocompletionnya, syntax hightlighter dan fitur - fitur IDE yang lainnya. Fitur autocompletion untuk SQL database, jquery, bahkan framework seperti CodeIgniter pun dapat digunakan autocompletionnya. Tetapi ada sedikit kekurangan akan IDE ini yang masih membutuhkan resource hardware yang besar untuk dapat menjalankannya.
  2. Eclipse

    IDE yang satu ini juga tak kalah tandingannya dengan berbagai fitur yang diberikannya IDE ini mempunyai banyak sekali plug-in yang dapat diberikan kepada Eclipse. Termasuk PHP dan pengembangannya. Fitur - fiturnya juga tidak kalah seperti fitur autocompletion, dan fitur lain seperti netbean. IDE ini masih sedikit toleran terhadap resource hardware.
  3. Notepad ++ 

    Bagi seorang developer di windows pasti sudah tidak asing lagi dengan editor ini. Editor free yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Walaupun fitur autocompletionnya tidak sebagus netbean ataupun Eclipse tetapi patut dicoba bagi developer yang menginginkan untuk mengedit secara cepat tanpa harus install IDE yang berat.
Oke. itulah IDE yang sering dipakai. Nah sekarang saya akan bahas tool lagi yang mungkin sangat berguna bagi web developer yaitu :
  1. Chrome web developer tool.
    Nah yang ini adalah tool wajib bagi web developer tinggal install chrome dan klik kanan inspect elemen kita dapat menganalisis DOM elemen yang ada pada halaman web kita. Disini juga terdapat console yang sangat membantu kita bila terjadi request GET ataupun POST yang tidak ditemukan alias berstatus kode 404. Tool ini juga dapat memberikan error yang didapatkan pada javascript yang kita buat. Jadi seperti kompiler javascript kita yang dapat dengan mudah kita cari kesalahan yang kita buat.
  2. Firebug
    Nah yang ini juga tidak kalah menariknya fitur - fitur yang disediakan memang mirip dengan chrome web developer tool cuma yang membuat lebih aplikasi ini untuk dicoba adalah penggunaan inspect elemen yang lebih bagus dimana pengguna dapat secara langsung menyentuh DOM elemen secara live view dan firebug akan memberikan DOM elemen object yang bersangkutan. 




Facebook Comments

0 komentar