-->

CodeIgniter vs YiiFramework

Sekedar opini aja dari penulis setelah bermigrasi dari CodeIgniter terus ke Yiiframework.

Judulnya

Codeigniter vs YiiFramework

Kedua duanya merupakan framework php yang sangat bisa membantu kita dalam mendevelop aplikasi web kita. Tetapi beberapa perbedaan yang signifikan yang ane temukan adalah :

  1. YiiFramework menggunakan konsep generate code
    Nah fitur ini yang membuat ane kepincut pada framework yang satu ini salah satu fitur yang sangat mempercepat kerjaan kita. Kita tinggal gunakan GII yang ada pada yiiframework dan dalam sekejap kita dapat membuat Controller, Model, bahkan fungsi CRUD secara sekaligus dengan menggunakan alat ini. Sampai ke fungsi paging halaman update dan validasi juga digenerate dari deklarasi kita waktu kita buat dengan menggunakan GII. Hal yang harus dibayar kerja keras kalau kita harus membuat di CodeIgniter dimana kita masih harus membuat satu per satu dari masing - masing bagian MVC berikut.
  2. YiiFramework telah diintergrasikan dengan aspek security yang baik
    Nah fitur ini juga yang membuat yii terasa lebih bagus. Dari mulai untuk pencegahan SQL-injections, XSS attact apalah ane juga kurang ngerti bahkan untuk fungsi login pun udah ditanganin ama yii ini. Kita tinggal lihat sample blog applications kita dapat membuat halaman login beserta sessionnya secara cepat, hal yang tidak mudah apabila kita gunakan CodeIgniter.
  3. CodeIgniter dokumentasinya lebih baik
    Nah ini nih yang ane masih bisa nilai + untuk codeigniter, dokumentasinya dapat dibaca dengan baik sampai mempraktikannya ke latihan. Untuk yiiframework sendiri dokumentasinya banyak tetapi waktu masuk untuk mempraktikannya kadang masih bingung dan harus cari ke forum dulu baru ketemu jawabannya. Mungkin karena banyaknya fungsi yang ada di yiiframwork mungkin ya.. jadi gak kebahas satu per satu. Tetapi satu nilai plus untuk yii komunitasnya semakin bertambah besar. Jadi jangan malu malu untuk bertanya..
  4. Yiiframework seneng banget pake Array
    Jadi yang terbiasa pake yii jangan heran nantinya akan dihadapkan pada banyak array yang kita gunakan. Jadi pahami lebih mendalam tentang array low mau pake yii ini
  5. Yiiframework banyak widget yang langsung bisa digunakan
    Ini juga fitur yang dapat kita pakai kalo kita menggunakan yii. Kita dapat dengan mudah menggunakan widget - widget yang telah diintergrasikan dengan jquery dan jqueryui termasuk jquery autocomplete, datepicker, treeview yang diimplementasikan pada beberapa widget di  yii seperti CAutoComplete, CJuiDatePicker, CMenu, CPortlet, CJuiButton dan apalagi banyak extensions yang sangat membantu dalam membuat pekerjaan
  6. Kekurangan YiiFramework
    Nah ini nih yang mungkin ane rasain kekurangannya sendiri menurut ane framework ini kurang begitu cocok untuk pemula, karena biasanya pemula belum tahu dasar dari phpnya atau untuk urusan yang belum pernah menyentuh CSS,Javascript, ataupun html secara langsung biasanya nanya terus ke forum untuk mencari solusi yang diinginkan. Padahal kalo kita mengerti alurnya kita dapat memodifikasi sendiri yang kita inginkan. Tetapi gak apa apa mungkin bisa sambil belajar kan bisa belajar dasarnya juga kan.. Dan seringnya kalo make yiiframework terjadi bentrok CSS yang kita inginkan jadi pandai - pandai menentukan CSS yang belum ada pada yiiframework kita..

It's just my opinions, Jika punya pandangan lain monggo dibahas.. mungkin ane ada yang salah bisa sharing ilmu lagi nanti CMIIW... ^^
Facebook Comments

4 komentar

sebenarnya ane masih baru di yii.. php dan db (mysql) aja masih kurang dalam.. lumayan lah udah berhasil sampai UserIdentity dari db.. kalau belajar yii yg penting dasar php, algoritma dan kemauan..

Balas

ane jd tambah pusing dng yii, masih nubi banget, tp moga aja ane bisa jd master2 sperti suhu2

Balas

Yii bagus untuk aplikasi besar, tapi untuk aplikasi kecil saya kira kurang cocok.
Untuk yang terbiasa dengan hardcode CI adalah jagonya.
Jadi tergantung kapan dan untuk apa kita buat aplikasi.

Balas

Temen-temen banyak yang pakai CI, sewaktu diminta bantuan develop bareng dengan CI, ane yang kesulitan sendiri terhadap CI yang mungkin, masih banyak hardcodednya (kata mbahsomo iya kan), ane malah langsung coba Yii, eh keliatannya lebih mudah, gampang dan cepet. mungkin kalo disamakan,menurut ane, CI itu sama seperti C++ sedangkan Yii itu java... (@makin bingung)

Balas