-->

Membuat multiple checkbox pake jquery

Pada kesempatan ini aku ingin memperkenalkan kode sintaks php kepada temen - temen. Aku tidak akan membahas kode php pemula disini. aku akan sedikit memberikan tips dan trik bagi temen - temen yang ingin mendalami ilmu tentang php.

Oke let's see..

Pada kesempatan pertama ini aku ingin memberikan sedikit catatanku tentang JQUERY. Yang belumt tahu JQUERY bisa mampir dimari. Disana banyak sekali panduan mengenai jquery yang satu ini.

Okeh artikel pertama akan membahas tentang bagaimana cara membuat multiple checkbox yang dapat diseleksi kemudian kita ingin mengirimkan datanya ke server..
Lihat ilustrasinya
multiple
Coba lihat kode di bawah ini


<form name="form1" action="aksi.php">
    <input type="checkbox" name="multi[]"/>
    <input type="checkbox" name="multi[]"/>
    <input type="checkbox" name="multi[]"/>
    <input type="checkbox" name="multi[]"/>
</form>
Nah ada sebuah form yang isinya checkbox semuanya nah agar data tersebut dapat dipost ke server dengan mudah kita namakan checkboxnya dengan multi[] agar nanti hasil dari submitnya berupa array. Setelah itu kita gunakan method dari jquery yang namanya jquery.serialize(). Fungsi ini berguna untuk mempost data yang disubmit ke server yang hasilnya berupa string yang kita dapat transfer ke url tempat tujuan file kita.

Nah misal di file server kita punya kode php misalnya namanya aksi.php
<?php
   include "Database.php";
   $database=new Database();
   $array=$_GET['multi'];
   foreach($array as $key =>$value){
         $database->deleteData($value);
   }
?>
Nah misal kita punya file kelas database dengan nama Database.php kita tinggal lakukan penyeleksian pada arraynya saja kemudian kita bisa lakukan perulangannya dengan menggunakan foreach. nah $key adalah index array dan $value adalah nilainya. Untuk kode javascriptnya sendiri bisa digunakan jquery dengan kode.
var serialize=$('form').serialize();
var url="aksi.php?";
var urlfull=url+serialize;
$('#load').load(urlfull);
Nah misal ada sebuah div id dengan nama load itu merupakan hasil yang kita inginkan nanti. maka kodenya bisa dilihat seperti di atas maka data tersebut akan terposes dengan sendirinya.

Oke jika kurang jelas silahkan dikomen..
Facebook Comments

1 komentar:

kurang jelas tutornya

Balas